Politikus PDIP Ini Anggap Bung Karno Jalankan Fungsi Kenabian

Politikus PDIP Ini Anggap Bung Karno Jalankan Fungsi Kenabian
Politikus PDIP Ini Anggap Bung Karno Jalankan Fungsi Kenabian

jpnn.com - JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan, Hamka Haq menilai Proklamator RI, Ir Soekarno semasa hayatnya telah menjalankan fungsi-fungsi kenabian. Meski umat Islam meyakini Nabi Muhammad sebagai rasul penutup, namun fungsi-fungsi kenabian masih tetap bisa diteladani oleh para pengikutnya.

Hamka menyampaikan hal itu saat hadir dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama para pemuda yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) guna memeringati Bulan Bung Karno di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8). Menurutnya, mustahil ada nabi lagi setelah Nabi Muhammad.

Namun demikian, Hamka yang juga ketua umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) itu menyebut Bung Karno telah menjalankan fungsi-fungsi kenabian. “Nabi Musa misalnya, membawa bangsa Isarel keluar dari penindasan Firaun. Sedangkan Bung Karno membawa rakyat Indonesia merdeka dari penjajahan kolonial,” katanya.

Politikus PDIP Ini Anggap Bung Karno Jalankan Fungsi Kenabian

Hamka Haq. Foto: dokumen JPNN

Anggota Komisi VIII DPR yang membidangi agama itu menambahkan, Bung Karno juga seorang pemikir, penghayat dan pejuang nilai-nilai agama. Sebagai pemikir, gagasan Bung Karno melampaui zaman. MIsalnya  ketika pada 1942 berada di Bengkulu, Bung Karno sudah membolehkan transfusi darah yang saat itu masih diharamkan para ulama. “Bung Karno juga pemikir keagamaan,” katanya.

Selain itu, Bung Karno juga sosok yang sangat menghayati nilai-nilai agama. Sebab, Bung Karno tak mau bersikap egois meski banyak orang rela mati demi kebesarannya.

"Saat dipenjara Orba, BK juga masih punya kekuatan besar. Banyak orang rela mati demi dia. Tapi dia tak mau menggunakan kesempatan itu. Kenapa? Karena pikirannya demi keselamatan bangsa," pungkas guru besar di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini.(rmo/ara/jpnn)

JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan, Hamka Haq menilai Proklamator RI, Ir Soekarno semasa hayatnya telah menjalankan fungsi-fungsi kenabian. Meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News