Mendagri Tito: IKN Nusantara Akan Dorong Pembangunan di Kaltim

Mendagri Tito: IKN Nusantara Akan Dorong Pembangunan di Kaltim
Mendagri Tito Karnavian mengunjungi lokasi IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (16/2). Foto: Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian optimistis Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan meningkatkan pembangunan di Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut dia, salah satu tujuan pemindahan IKN ke Kaltim ialah mendorong pemerataan pembangunan di Indonesia.

Tito mengatakan dampak keberadaan IKN Nusantara di Kaltim sudah terasa sejak dimulainya pembangunan.

Hal itu terlihat dari laju pertumbuhan di berbagai sektor, seperti bandara, hotel, restoran, dan sebagainya yang lokasinya tak jauh dari pembangunan IKN Nusantara.

Eks Kaplori itu menilai dampak pembangunan IKN Nusantara tidak hanya dirasakan oleh daerah yang berdekatan langsung dengan lokasi IKN, tetapi juga daerah lain di Kaltim.

"Pembangunan IKN ini sesuatu yang memang sangat strategis jangka panjang, nilainya ada yang langsung dirasakan, ada yang nilainya jangka panjang, tinggi sekali nilainya," kata Tito, Kamis (17/2).

Untuk itu, lanjut dia, kepala daerah, DPRD, dan masyarakat di Kaltim perlu mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang memilih daerah tersebut sebagai lokasi dibangunnya IKN.

Keputusan pemindahan IKN dinilai akan sangat mengubah kondisi pembangunan di Kaltim.

Mendagri Tito Karnavian optimistis IKN Nusantara akan meningkatkan pembangunan di Kaltim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News