Mendagri Tito: Tak Ada Konglomerat yang Mengalahkan Uang Pemerintah

Mendagri Tito: Tak Ada Konglomerat yang Mengalahkan Uang Pemerintah
Mendagri Tito Karnavian dalam acara business matching pengadaan produk dalam negeri dan UMKM 2022. Foto: Puspen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus produktif.

Tito pengin para pelaku UMKM mendaftarkan produknya ke dalam e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Mendagri Tito menjamin pemerintah akan menjadi pembeli terbesar dalam e-katalog tersebut.

Menurut dia, langkah ini dalam rangka penguatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Tito menyampaikan hal itu dalam business matching pengadaan produk dalam negeri dan UMKM 2022 di Ballroom Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

“Untuk meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, nah, langkah yang diambil adalah the biggest buyer, pembeli terbesar itu adalah pemerintah karena memiliki uang terbesar. Tidak ada konglomerat yang bisa mengalahkan uangnya pemerintah,” kata Tito, dikutip dari keterangan timnya, Jumat (25/3).

Dia menilai perlu ada langkah imperatif yang diikuti pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, khususnya dalam merealisasikan belanja modal barang/jasa dengan produk dalam negeri.

Mantan Kapolri itu menekankan berbagai kebutuhan bisa dipenuhi melalui produk dalam negeri dengan kualitas yang baik.

Mendagri Tito Karnavian menyebut kata konglomerat dalam acara di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News