Mendagri Tito Tegaskan Presiden Jokowi Sangat Perhatian terhadap Masalah Perbatasan

Mendagri Tito Tegaskan Presiden Jokowi Sangat Perhatian terhadap Masalah Perbatasan
Mendagri yang juga Kepala BNPP Tito Karnavian menyampaikan arahan saat kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Rabu (13/12/2023). (ANTARA/HO-Humas BNPP)

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian serius terhadap masalah di perbatasan di tanah.

Tito yang juga kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) itu menyadari bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar. Oleh sebab itu, lanjut Tito, presiden peduli kepada isu perbatasan untuk mengentaskan permasalahan batas negara.

“Pak Presiden ini sangat perhatian kepada masalah perbatasan dan itu bukan hanya klise omong-omong saja, betul-betul riil dilaksanakan,” kata Mendagri Tito dalam arahannya saat kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Rabu (13/12).

Menurut Tito, perbatasan merupakan daerah yang rentan karena menjadi lalu lintas orang atau barang, baik jalur darat maupun laut.

Tito menyoroti pengungsi Rohingya berdatangan ke Aceh sebagai salah satu contoh masalah perbatasan yang muncul lewat jalur laut.

“Misal, laut di sebelah timur Sumatra, banyak pengungsi Rohingya masuk ke Aceh. Kemudian juga perbatasan laut di Sulawesi, sebelahnya dengan Filipina Selatan. Kemudian juga di perbatasan dengan Timor Leste dan Papua Nugini jalur lautnya rentan,” paparnya.

Untuk jalur darat, Tito menyoroti Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Papua yang berbatasan Papua Nugini, dan Nusa Tenggara Timur yang berbatasan darat dengan Timor Leste.

Menurutnya, lalu lintas di daerah-daerah itu harus diawasi karena berpengaruh besar untuk kedaulatan negara. Kalau tidak bisa diawasi, kata dia, maka kemungkinan hal buruk masuk ke dalam negara.

Mendagri Tito menegaskan bahwa Presiden Jokowi sangat perhatian terhadap masalah perbatasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News