Mendengar Solusi-Solusi Kreatif Birokrasi

Mendengar Solusi-Solusi Kreatif Birokrasi
Mendengar Solusi-Solusi Kreatif Birokrasi
BIROKRAT adalah pengendali kebijakan, sekaligus regulator yang menjalankan tugastugas administratif. Bourree istilah Prancis yang berarti meja. Atau Bureau yang dibaca biro, artinya kantor. Tiga birokrat kami undang juga untuk berbicara dari hati ke hati di Forum Pemred Jawa Pos Group.KATA-kata ”birokrat” itu sendiri sudah membuat wajah kita ikut kotakkotak. Problem berbelit-belit, dari meja ke meja, panjang, lama, tidak tuntas, menghambat, dan tidak nyaman.

Itulah bayangan orang saat mendeskripsikan istilah birokrat di negeri ini. Di forum ini tidak sedang mencari persepsi buruk dan image negatif lain. Bisa lebih panjang ceritanya. Kami ingin menemukan solusi-solusi kreatif. Proses yang canggih, pintar dan menciptakan kebalikan dari ”mimpi buruk” di atas. Cepat, tepat, akuntabel, banyak terobosan, kreatif dan bisa diterima publik dengan baik pula.

Tidak gampang memang, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Pertama, Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Indonesia Bersatu II, Prof Dr Ir M Nuh DEA yang juga mantan Menkominfo di KIB I. Dua periode berturut-turut dipercaya Presiden SBY menduduki jabatan strategis. Mantan Rektor ITS Surabaya 2003-2006 yang hobi sate kambing ini dikenal cerdik merangkai istilah-istilah yang sensasional.

:TERKAIT Hampir di setiap pidatonya, selalu saja diselingi humor-humor gres yang berkelas. Dia profesor bidang Ilmu Digital Control System dengan spesialisasi Sistem Rekayasa Biomedika. Di usia 42 tahun, dia sudah menjadi rektor dan tercatat sebagai rekor rektor termuda di ITS. Dia pun menulis buku berjudul Strategi dan Arah Kebijakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang disingkat Indonesia-SAKTI.

BIROKRAT adalah pengendali kebijakan, sekaligus regulator yang menjalankan tugastugas administratif. Bourree istilah Prancis yang berarti meja. Atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News