Mendengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Baik Untuk Jantung?

Mendengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Baik Untuk Jantung?
Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Mendengarkan musik yoga sebelum tidur bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

Para peneliti di India memutuskan untuk mengeksplorasi bagaimana memainkan berbagai jenis musik sebelum tidur malam bisa memengaruhi tingkat kecemasan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Penelitian yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress (ESC) di Munich menyimpulkan bahwa tingkat kecemasan seseorang cenderung menurun ketika mereka mendengarkan musik yang tenang dan menenangkan sebelum tidur.

Sebanyak 149 peserta penelitian, yang semuanya dalam keadaan sehat dan berusia rata-rata 26 tahun, mengambil bagian dalam tiga sesi tidur pada tiga malam yang berbeda.

Selama sesi pertama, musik yang tenang (mirip dengan tipe yang didengar selama kelas yoga) dimainkan sebelum mereka tidur.

Kemudian diikuti dengan musik pop dengan irama teratur pada malam kedua dan tidak ada musik ketiga.

Tim peneliti mengukur denyut jantung para partisipan selama lima menit sebelum musik atau periode diam dimulai, selama 10 menit selama musik atau periode hening dan selama lima menit sesudahnya.

Mereka menemukan bahwa variabilitas denyut jantung peserta meningkat selama musik yoga, turun selama musik pop dan tetap sama ketika tidak ada musik yang dimainkan.

Sebanyak 149 peserta penelitian, yang semuanya dalam keadaan sehat dan berusia rata-rata 26 tahun, mengambil bagian dalam tiga sesi tidur mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News