Selasa, 25 Juni 2019 – 14:39 WIB

Mendengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Baik Untuk Jantung?

Senin, 12 November 2018 – 22:08 WIB
Mendengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Baik Untuk Jantung? - JPNN.COM

Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Mendengarkan musik yoga sebelum tidur bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

Para peneliti di India memutuskan untuk mengeksplorasi bagaimana memainkan berbagai jenis musik sebelum tidur malam bisa memengaruhi tingkat kecemasan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Penelitian yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress (ESC) di Munich menyimpulkan bahwa tingkat kecemasan seseorang cenderung menurun ketika mereka mendengarkan musik yang tenang dan menenangkan sebelum tidur.

Sebanyak 149 peserta penelitian, yang semuanya dalam keadaan sehat dan berusia rata-rata 26 tahun, mengambil bagian dalam tiga sesi tidur pada tiga malam yang berbeda.

Selama sesi pertama, musik yang tenang (mirip dengan tipe yang didengar selama kelas yoga) dimainkan sebelum mereka tidur.

Kemudian diikuti dengan musik pop dengan irama teratur pada malam kedua dan tidak ada musik ketiga.

Tim peneliti mengukur denyut jantung para partisipan selama lima menit sebelum musik atau periode diam dimulai, selama 10 menit selama musik atau periode hening dan selama lima menit sesudahnya.

Mereka menemukan bahwa variabilitas denyut jantung peserta meningkat selama musik yoga, turun selama musik pop dan tetap sama ketika tidak ada musik yang dimainkan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar