Cara Yoga Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Cara Yoga Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil
Latihan senam untuk kehamilan sangat bermanfaat untuk Anda, Foto: Thinkstock

jpnn.com - Yoga terdiri dari berbagai jenis postur. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah asthanga, hatha, iyengar dan bikram yoga. Meskipun masing-masing jenis memiliki ciri tertentu, secara umum gerakan-gerakan tersebut memberikan manfaat yang sama.

Secara garis besar, manfaat olahraga yoga dapat dibagi menjadi manfaat fisiologis atau fisik dan manfaat psikologis atau mental. Bahkan, yoga juga berkhasiat mengatasi gangguan insomnia pada ibu hamil. Bagaimana bisa terjadi?

Cara yoga atasi insomnia pada ibu hamil

Seperti banyak wanita hamil, Meghan Markle selaku istri dari Pangeran Harry dilaporkan berjuang dengan insomnia di masa hamil muda saat ini.

Duchess of Sussex ini mengatakan bahwa calon bangsawan kecil di dalam perutnya kerap membuatnya terjaga di malam hari. Baru-baru ini, Meghan menemukan cara yang sehat untuk mengatasi gangguan tidur di awal kehamilannya, yaitu dengan yoga.

Diketahui bahwa banyak dokter mendorong wanita hamil untuk melakukan yoga prenatal. Karena penelitian menemukan bahwa aktivitas ini dapat membantu ibu hamil dalam menjaga tekanan darah, tingkat pertumbuhan janin yang lebih baik, hingga menenangkan pikiran yang berdampak pada tidur nyenyak.

Namun, ada jenis yoga tertentu yang melibatkan tekanan pada perut karena terdapat gerakan melompat, memutar, atau berbaring telentang. Khusus gerakan seperti ini, saat hamil Anda harus menghindarinya. Konsultasikan selalu dengan dokter Anda sebelum melakukan latihan apa pun di masa kehamilan.

Menurut survei, lebih dari 55 persen peserta yoga mengklaim bahwa aktivitas tersebut memberikan dampak positif pada kualitas tidur mereka. Yoga bekerja dengan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk bersantai, sehingga tidur pun lebih nyenyak.(NP/RVS/klikdokter)


Berita Selanjutnya:
11 Pantangan untuk Ibu Hamil

Banyak dokter yang mendorong wanita hamil untuk melakukan gerakan yoga prenatal.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News