Menderita Asma? Coba Atasi dengan Cara ini

Menderita Asma? Coba Atasi dengan Cara ini
Ilustrasi saat terserang asma.

jpnn.com - Bagi Anda yang memiliki penyakit asma tentunya memahami betapa menderitanya saat kambuh. Apabila tidak diatasi dengan tepat, asma dapat menjadi penyakit yang mengganggu aktivitas, produktivitas, bahkan tidur penderitanya. Namun, vitamin D disebut dapat mengatasi gangguan saluran napas ini.

Asma umumnya sudah diderita sejak masa kanak-kanak. Sebagian anak dapat sembuh dari asmanya. Namun, ada pula mereka yang masih membawa penyakit asma hingga dewasa, dengan gejala yang lebih berat dan lebih sering kambuh.

Berbagai obat-obatan telah dikonsumsi untuk mengatasi serangan asma. Namun cara tersebut ternyata belum cukup untuk mengatasi asma yang menyerang. Yang lebih penting untuk dilakukan adalah bagaimana mencegah agar asma tidak kambuh kembali.

Begitu mengganggunya asma, penyakit ini tidak hanya menyebabkan penderitanya harus merogoh kocek dalam-dalam untuk pengobatan, tetapi kualitas hidup mereka pun pada umumnya menurun. Hal inilah yang menyebabkan banyak peneliti berlomba-lomba menemukan cara baru untuk mencegah kekambuhan serangan asma.

Harapan baru bagi penderita asma

Baru-baru ini, ditemukan secercah harapan untuk penderita asma, yaitu vitamin D yang disebut dapat menurunkan risiko serangan asma sedang-berat hingga 50 persen.

Peneliti dari Universitas Queen Mary, London, menemukan bahwa konsumsi suplemen vitamin D bersamaan dengan obat-obatan untuk mengatasi asma dapat membantu menurunkan risiko serangan asma yang menyebabkan penderitanya dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Tidak hanya itu, konsumsi suplemen vitamin D juga dapat menurunkan penggunaan obat-obatan steroid – baik tablet maupun injeksi – sebesar 30 persen. Sebelum fakta tentang manfaat vitamin D untuk mengatasi asma ditemukan, steroid adalah ‘pahlawan’ bagi penyakit ini.

Apabila tidak diatasi dengan tepat, asma dapat menjadi penyakit yang mengganggu aktivitas, produktivitas, bahkan tidur penderitanya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News