Mendesak, Kajian Sungai di DKI

Mendesak, Kajian Sungai di DKI
Mendesak, Kajian Sungai di DKI
JAKARTA - Analisa dan kajian tentang kondisi sungai dan saluran makro secara menyeluruh mendesak dilakukan. Hal ini, agar antisipasi banjir di ibu kota  bisa tepat sasaran. “Saya minta walikota di lima wilayah dan Dinas PU DKI melakukan analisa secara keseluruhan. Terutama menganalisa dan mengkaji penyempitan sungai yang terjadi di sungai-sungai yang ada di lima wilayah tersebut. Sehingga, dapat dilakukan penanganan dan pencegahan banjir selama musim hujan,” kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, Jumat (2/12).

Secara khusus, Fauzi meminta dilakukan analisa atau kajian terhadap daerah rawan banjir di Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasarrebo, Jakarta Timur. Kawasan ini kerap kali mengalami banjir karena ada penyempitan badan kali di Kali Cipinang.

Bila dibandingkan tahun lalu, bangunan-bangunan rumah yang ada dipinggir Kali Cipinang sudah bertumbuh secara berlebihan dan tidak proporsional di tahun ini. Terlihat kondisi orang-orang yang menggunakan sisi kali tersebut semakin bertambah parah. Akibatnya, saat hujan turun dengan volume yang cukup tinggi, aliran air hujan yang jatuh ke Kali Cipinang tidak dapat lewat, melainkan terhambat.

“Dari dulu memang tidak benar, tapi sekarang kondisinya makin parah. Bahkan ada penyempitan kali di dekat kantor kecamatan. Akibatnya, semalam air hujan yang masuk ke Kali Cipinang tidak dapat mengalir. Akibatnya air kali meluap dari sisi kiri dan kanan, menggenangi pemukiman. Kejadian ini lebih parah dari tahun lalu,” ujarnya.

Lebih jauh lagi, lanjutnya, ada situ yang berbatasan langsung dengan Pemerintah Kotamadya Depok sudah dipenuhi dengan eceng gondok. Selain itu, pintu air di situ tersebut sudah tidak bisa digunakan dengan baik. Hingga saat ini, situ tersebut tidak belum diperbaiki sama sekali. Sayangnya, situ itu bukan berada dibawah kewenangan Pemprov DKI, sehingga tidak bisa dilakukan perbaikan.

JAKARTA - Analisa dan kajian tentang kondisi sungai dan saluran makro secara menyeluruh mendesak dilakukan. Hal ini, agar antisipasi banjir di ibu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News