JPNN.com

Mendikbud Pastikan Sistem Mekanik Putra Petir Beres

Rabu, 28 Maret 2012 – 08:03 WIB Mendikbud Pastikan Sistem Mekanik Putra Petir Beres - JPNN.com
JAKARTA - Target dua bulan bagi empat PTN untuk menyelesaikan road map mobil nasional (mobnas) "Putra Petir" menemui tantangan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kemarin (27/3) menuturkan, urusan mekanik mobnas bertenaga listrik itu ia anggap beres. Yang masih mengganjal adalah sistem penyediaan setrum untuk Putra Petir.

 

Menteri yang mengawali karir sebagai dosen teknik elektro di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya itu menegaskan, ahli-ahli mesin dan elektronika dari empat PTN yang ditunjuk dalam proyek Putra Petir tidak akan mengalami kesulitan dalam merancang sistem mekanik. Sebab, kata dia, masing-masing kampus tadi sudah mengembangkan teknologi mobil-mobil bertenaga listrik.

 

Ketika urusan mekanik dinilai sudah tidak ada masalah, Nuh mengatakan tantangan terbesar adalah urusan pengadaan bahan baku listrik sebagai tenaga penggerak Putra Petir itu sendiri. "Selain itu juga tantangan meningkatkan nilai ekonomi, supaya laku dijual," katanya.

 

Menurut Nuh, sekilas persoalan ketersediaan listrik di Indonesia tidak ada masalah. Hampir seluruh rumah sudah dialiri listrik. Tapi, penyediaan listrik khusus untuk mobnas hasil gagasan Menteri BUMN Dahlan Iskan ini tidak bisa serta merta mengadopsi sistem pengadaan listrik untuk rumah tangga.

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...