Mendikbud Pastikan Tidak Ada Perubahan Kurikulum Hingga 2022

Mendikbud Pastikan Tidak Ada Perubahan Kurikulum Hingga 2022
Mendikbud Nadiem Makariem. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjamin tidak akan ada perubahan kurikulum nasional hingga 2022.

Dia juga menegaskan tidak akan ada penghapusan mata pelajaran (mapel) Sejarah.

"Penyederhanaan kurikulum tidak akan dilakukan sampai tahun 2022. Tahun 2021 kami akan melakukan berbagai macam prototipe di sekolah penggerak yang terpilih dan bukan dalam skala nasional," kata Nadiem Makarim dalam pernyataan resminya, Minggu (20/9).

"Jadinya, sekali lagi tidak ada kebijakan apa pun yang akan keluar di 2021 dalam skala kurikulum nasional, apa lagi penghapusan mata pelajaran sejarah," sambungnya menegaskan.

Dia mengaku terkejut dengan cepatnya informasi tidak benar menyebar mengenai penghapusan mapel sejarah.

"Saya tegaskan sekali lagi bahwa tidak ada sama sekali kebijakan, regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional," ucapnya.

Nadiem Makarim mengatakan, isu ini keluar karena ada presentasi internal yang keluar ke masyarakat dengan salah satu permutasi penyederhanaan kurikulum.

Kemendikbud punya banyak puluhan versi berbeda, yang sekarang yang sedang melalui FGD dan uji publik. Semuanya belum tentu permutasi tersebut yang menjadi final.

Mendikbud Nadiem Makarim memastikan bahwa tidak akan perubahan kurikulum nasional hingga 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News