Mendiknas Minta Komitmen PTN

Mendiknas Minta Komitmen PTN
Mendiknas M Nuh saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR, awal Januari. Foto: Ukon Furkon Sukanda/Indopos.
JAKARTA - Mendiknas Muhammad Nuh meminta komitmen Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) untuk mengawal pelaksanaan ujian nasional (Unas) dari awal hingga akhir. Yaitu mulai pencetakan soal, distribusi, pelaksanaan ujian, hingga pemindaian lembar jawaban ujian nasional (LJUN). Komitmen itu dinilai penting untuk merealisasikan Unas yang jujur dan kredibel.

"Ketua MRPTNI (Djoko Santosa) dan Wakil MRPTNI (Haris Supratna) sudah menyatakan kesanggupannya kepada saya," jelas M Nuh, Jumat (15/1). Sebelumnya, MRPTNI belum menyatakan komitmen resmi mengawal pengawasan Unas mulai dari pencetakan soal, melainkan hanya pada saat pelaksanaan ujian. Hal itu disebabkan oleh minimnya anggaran untuk pengawasan.

M Nuh mengatakan, minimnya anggaran untuk pengawas hendaknya tidak dipersoalkan. Sebab katanya, perguruan tinggi hendaknya memiliki komitmen mewujudkan Unas dengan jujur dan kredibel. "Jangan bersedia mengawasi karena bayaran (honor). Jumlah dosen PTN saya pikir banyak dan tidak semuanya mengajar," ungkapnya. Oleh karena itu, M Nuh meminta kesiapan para dosen untuk menyukseskan Unas.

Mendiknas juga menghimbau agar MRPTNI tidak menyoal jumlah pengawas ujian. Seperti diwartakan, hingga kini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memutuskan mematok satu pengawas di tiap sekolah. Jumlah tersebut dinilai kurang oleh MRPTNI. Sebab, idealnya satu sekolah dijaga dua pengawas.

JAKARTA - Mendiknas Muhammad Nuh meminta komitmen Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) untuk mengawal pelaksanaan ujian nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News