Mendiknas Siaga Sinabung

Mendiknas Siaga Sinabung
Mendiknas Siaga Sinabung
 

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengaku tengah melakukan pendataan terhadap sejumlah sekolah yang rusak akibat meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. "Jika keadaan sudah memungkinkan, sekolah-sekolah yang rusak akan kami bangun kembali," kata Mendiknas M Nuh di Jakarta, Senin (30/8).

Muhammad Nuh menegaskan, pihaknya akan turun ke lapangan bersama-sama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk meninjau lokasi bencana. "Kami akan melakukan pendataan awal. Jika memang didapatkan banyak bangunan yang mengalami kerusakan, kami akan melakukan perbaikan, atau bahkan membangun kembali setiap gedung sekolah iyang mengalami kerusakan," Kata Mendiknas M Nuh menjelaskan.

Untuk perbaikan ini, Nuh mengaku telah memiliki dana cadangan khusus untuk penanggulangan bencana. “Jadi penganggarannya tidak harus seperti pola baku,” imbuhnya. Mantan Menkominfo ini juga mengatakan, akan fokus dalam menyelenggarakan pendidikan darurat. "Anak-anak kecil yang berada di tenda jangan sampai terlalu lama tidak belajar,” pungkas Nuh.

Di tempat terpisah, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono menjanjikan pemerintah pusat akan tetap memberikan perhatian  terhadap korban letusan Gunung Sinabung. ”Ini bencana lokal tapi pemerintah pusat tetap memberikan perhatian,” kata Agung usai meninjau Pasar Segar dan Ramah Mandiri serta Pasar Swalayan Farmer`s Market di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

  JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengaku tengah melakukan pendataan terhadap sejumlah sekolah yang rusak akibat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News