Mengantar J-Rocks Masuk Dapur Rekaman Abbey Road Studio, London

Akustik Sama dengan Jakarta, Dedikasi SDM yang Beda

Mengantar J-Rocks Masuk Dapur Rekaman Abbey Road Studio, London
Mengantar J-Rocks Masuk Dapur Rekaman Abbey Road Studio, London
Peralatan bisa dibeli, keahlian dapat dipelajari. Lalu, apa sih kelebihan Abbey Road Studio di London, Inggris, jika dibandingkan dengan studio-studio rekaman lain yang bertebaran di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia? Berikut laporan ISHAQ BAHRI.

SEJARAH The Beatles yang melambungkan nama Abbey Road Studio sudah sampai di ujung. Tapi, sejarah Abbey Road Studio sendiri masih terus berlangsung, entah sampai kapan. Sebab, masih akan lahir bintang-bintang baru di sana. Antrean bintang dan calon bintang rekaman masih panjang.

"Anda beruntung. Bahkan, Gwen Stefani (eks vokalis dan penggerak kelompok musik No Doubt) masih ikut antre untuk rekaman di sini,'' kata Chris Bolster kepada Yuke A. Nugraha dari A Mild, sponsor yang membiayai J-Rocks. Chris Bolster adalah salah seorang sound engineer di Abbey Road. Dialah yang dipercaya menangani rekaman J-Rocks di Abbey Road Studio.

Betapa sulitnya rekaman di Abbey Road diakui sendiri oleh Yuke A. Nugraha. Menurut dia, untuk membawa J-Rocks masuk Abbey Road, dia menjalin kontak selama berbulan-bulan. Tujuannya mencari waktu kosong. Lantas, kebetulan ada lima hari kosong pada pertengahan Oktober lalu. "Kalau kesempatan ini lepas, mungkin akan sulit menemukan waktu kosong lagi,'' katanya.

Peralatan bisa dibeli, keahlian dapat dipelajari. Lalu, apa sih kelebihan Abbey Road Studio di London, Inggris, jika dibandingkan dengan studio-studio

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News