Mengantisipasi Lonjakan Kasus, Kapolri Minta Pemda Meningkatkan Ketersediaan Tempat Tidur RS

Mengantisipasi Lonjakan Kasus, Kapolri Minta Pemda Meningkatkan Ketersediaan Tempat Tidur RS
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat mengunjungi Kota Padang pada Jumat (13/8/2021). ANTARA/HO-Polda Sumbar

jpnn.com, PADANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta pemerintah daerah di Sumatera Barat meningkatkan ketersediaan tempat tidur rumah sakit untuk pasien Covid-19. Menurutnya, hal itu perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 agar dapat terkendali. 

“Peningkatan ketersediaan tempat tidur harus dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus agar terkendali," kata Jenderal Listyo Sigit saat bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengunjungi Kota Padang, Sumbar, Jumat (13/8).

Jenderal Listyo Sigit juga menekankan forkopimda melakukan sosialisasi panduan isolasi mandiri (isoman) kepada masyarakat, agar dapat mengurangi fatalitas sebelum mendapatkan penanganan di fasilitas kesehatan.

Lebih lanjut Kapolri tetap mengimbau masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk menjalani perawatan di tempat isolasi terpadu (isoter). "Hal itu lebih baik, karena berada di bawah pengawasan tenaga kesehatan," ungkap jenderal bintang empat itu.

Menurut Kapolri,  yang paling diutamakan adalah isolasi di isoter karena dalam pengawasan nakes. “Lakukan koordinasi dan perencanaan terhadap kebutuhan oksigen untuk menjaga ketersediaan distribusi oksigen di RS rujukan Covid-19 pada seluruh wilayah," papar dia. 

Terkait program vaksinasi, dia meminta seluruh elemen di Sumbar harus bersinergi dan berkolaborasi untuk mengejar target Presiden Joko Widodo menyukseskan vaksinasi dua juta vaksin per hari.

"Untuk mengejar target vaksinasi 2 juta, forkopimda berkoordinasi terkait pelaksanaan vaksinasi di lapangan yang dilakukan secara bersama-sama TNI-Polri, Dinas Kesehatan, puskesmas, dan sukarelawan," ujar Listyo Sigit.

Selain itu, dia meminta  forkopimda agar segera menghabiskan stok vaksin. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan peningkatan ketersediaan tempat tidur rumah sakit harus dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus agar terkendali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News