Mengapa Anda Terkadang Lupa Nama Seseorang Setelah Bertemu?

Mengapa Anda Terkadang Lupa Nama Seseorang Setelah Bertemu?
Lupa sesuatu. Foto: Qlik Blog

jpnn.com - Ketika Anda bertemu dengan sekelompok orang baru, mungkin sulit untuk mengingat nama semua orang, pekerjaan dan informasi relevan lainnya. 

Tetapi bagi sebagian orang, bahkan mengingat nama hanya satu atau dua orang bisa menjadi tantangan.

Ada beberapa alasan berbeda mengapa Anda mungkin tidak bisa mengingat nama seseorang.

"Anda mungkin tidak cukup peduli untuk mengingat nama tertentu," kata peneliti utama di Dynamic Memory Lab di University of California, Davis, Charan Ranganath, seperti dilansir laman MSN, Rabu (5/12).

"Hal tersebut mungkin tidak membuat Anda merasa sehebat itu ketika Anda memikirkannya seperti itu dan Anda mungkin mencoba untuk menolaknya. Tetapi jika Anda benar-benar ingin mempelajari nama dan mengingatnya, Anda mungkin memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melakukannya," jelas Ranganath.

Selain itu, Dr. David Ludden, PhD, menulis dalam Psychology Today mengatakan, nama sebenarnya tidak banyak bercerita tentang seseorang dan kurangnya konteks dan pemahaman bersama bisa mempersulit orang untuk mengingatnya.

Kedua faktor ini juga bisa menjelaskan mengapa, menurut Scientific American, banyak orang menemukan bahwa mengingat wajah seseorang atau detail lainnya lebih mudah daripada mengingat nama mereka.

Alasan lain mengapa Anda lupa nama orang adalah karena Anda tidak benar-benar mendengarkan.

Jika Anda benar-benar ingin mempelajari nama dan mengingatnya, Anda mungkin memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melakukannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News