Mengenang Mbah Minto, Simbok yang Memikat dengan Kejenakaan & Kesederhanaan

Mengenang Mbah Minto, Simbok yang Memikat dengan Kejenakaan & Kesederhanaan
Kerabat saat menabur bunga di makam Mbah Minto di Sasonoloyo Wanasegaran, Bugel, Bayat, Klaten. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com.

jpnn.com - YouTube personality asal Klaten, Mbah Minto (85), meninggal dunia pada Rabu (22/12) malam. Keceriaan dan kejenakaan membuat lansia yang semula bekerja serabutan itu menjadi sosok kondang dan memikat berbagai kalangan.

Laporan Romensy Augustino, Klaten

MBAH Minto merupakan warga Dukuh Selorejo RT 05/RW 17 Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Pemilik nama asli Minto Suwito Siyam itu mendadak kondang setelah aksinya dalam video bertitel 'Gak Usah Mudik Seng Penting Duit'e Muleh' viral jelang Lebaran 2021.

Pada 12 Desember lalu, perempuan berusia 85 tahun itu terpeleset di kamar mandi sehingga tak sadarkan diri. Mbah Minto sempat dirawat di Rumah Sakit Islam Klaten, tetapi Sang Khalik memanggilnya pada 22 Desember 2021 pukul 21.00 WIB.

Karier Mbah Minto di jagat digital terhitung singkat, yakni sekitar 1,5 tahun. Sosok penting di balik ketenaran Mbah Minto ialah Ucup.

Pemilik akun Ucup Klaten di YouTube itu merupakan pembuat konten atau content creator yang melibatkan Mbah Minto.

Ucup mengungkap alasan yang mendorongnya memilih Mbah Minto sebagai pemeran utama videonya untuk konten di YouTube. Muhammad Sufyan -nama asli Ucup- menyebut perempuan dengan empat anak tersebut merupakan sosok yang selalu gembira.

Empat hari sebelum terjatuh di kamar mandi, Mbah Minto masih terlibat pembuatan konten dan terlihat ceria. "Ekspresi tertawanya itu, beliau selalu riang," ujar Ucup.

Mbah Minto (85), meninggal dunia pada Rabu (22/12) malam. Keceriaan dan kejenakaan membuat lansia yang semula bekerja serabutan itu menjadi sosok kondang dan memikat berbagai kalangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News