Menghilangkan Hambatan Investasi, Bea Cukai Siap Asistensi Kawasan Ekonomi Khusus

Selasa, 22 Juni 2021 – 16:30 WIB
Menghilangkan Hambatan Investasi, Bea Cukai Siap Asistensi Kawasan Ekonomi Khusus - JPNN.com
Dalam kunjungan kerja spesifik Komisi XI DPR ke Provinsi Kepri, Jumat (11/06), Bea Cukai dan Pajak sebagai mitra kerja Komisi XI DPR menyelenggarakan rapat pembahasan kinerja penerimaan Kemenkeu dan implementasi KEK. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, BATAM - Bea Cukai akan memberikan perhatian penuh dalam perbaikan birokrasi dan regulasi, penguatan fasilitas serta kemudahan prosedural di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hal itu terbukti dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan KEK, dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 237 Tahun 2021 sebagaimana telah diubah dengan PMK Nomor 33 Tahun 2021 tentang Perlakuan Perpajakan, Kepabeanan, dan Cukai pada KEK.

KEK adalah suatu kawasan dengan batas tertentu yang tercakup dalam daerah atau wilayah yang digunakan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dengan memperoleh fasilitas tertentu.

Dalam kunjungan kerja spesifik Komisi XI DPR ke Provinsi Kepri, Jumat (11/06), Bea Cukai dan Pajak sebagai mitra kerja Komisi XI DPR menyelenggarakan rapat pembahasan kinerja penerimaan Kemenkeu dan implementasi KEK.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam Susila Brata mengatakan bahwa terdapat 2 KEK di wilayahnya, yaitu MRO Batam Aero Technic dan Nongsa Digital Park.

“Kami akan terus berikan asistensi pada kedua perusahaan ini, karena keduanya memiliki prospek ke depan. Selain itu, kami akan dukung dengan kemudahan prosedural dalam KEK. Dua hal ini merupakan kunci dalam menghilangkan hambatan investasi,” tambahnya.

Susila menambahkan pihaknya akan mendukung pengembangan KEK dengan memberikan berbagai pelayanan dan kemudahan.

Seperti asistensi pengembangan IT Inventory, kunjungan lapangan, kemudahan layanan dokumen serta penyederhanaan prosedur layanan dan dokumen FTZ ke KEK yang sedang dalam proses perumusan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...