Menhub dan Menteri PUPR Cek Ruas Tol Fungsional

Menhub dan Menteri PUPR Cek Ruas Tol Fungsional
Tol fungsional saat musim mudik 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PEMALANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kepolisian serta Pertamina melakukan pengecekan di ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan sarana maupun prasarana di tol fungsional tersebut bisa berfungsi dengan baik saat arus mudik lebaran 2018.

"Hari ini kami bersama-sama Kementerian PUPR, Polri, Pertamina, Kementerian Kesehatan dan beberapa stakeholder yang lain memastikan jalan ini akan berfungsi dengan baik. Kami sudah berdiskusi tadi dan ruas tol fungsional ini akan dibuka Jumat (8/6) pukul 06.00," jelas Budi.

Dalam kunjungannya, Budi beserta rombongan juga berkesempatan meninjau langsung beberapa rest area di ruas tol fungsional yaitu KM. 275 Tol Pejagan-Pemalang, KM. 321 Tol Pemalang-Batang. Menurut Budi, ada syarat yang harus dipenuhi dalam rest area yaitu ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Selain itu ada syarat-syarat lain yaitu dipastikan tidak ada masalah berkaitan dengan bahan bakar. Tadi Pertamina sudah mempersiapkan selain ada nozzle (selang) jadi bisa diisi langsung. Kalau selangnya ada masalah, kita ada yang manual. Kalau kejadiannya tidak di sini sudah disediakan motor yang bisa mengangkut BBM ke tempat," terang Budi.

Hal ini juga dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Dia mengatakan bahwa tol fungsional bisa digunakan untuk perjalanan mudik sampai dengan Semarang.

"Insya Allah ini sampai Semarang kita akan susuri ini. Ini masih fungsional, belum berbayar. Jadi nanti untuk mudik ini gratis sampai Semarang. Makanya kita cek hari ini. Kemudian nanti dari Batang ke Semarang juga sudah siap tinggal di Kali Kuto," ujar Basuki.

Untuk mengantisipasi kebutuhan BBM, Pertamina menyediakan layanan Satgas BBM dalam tiga paket yaitu 10 liter, 5 liter dan 1 liter yang diangkut dengan menggunakan motor jika kendaraan yang membutuhkan BBM berada jauh dari resta area. Layanan ini sudah mulai berlaku per 1 Juni.(chi/jpnn)


Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan sarana maupun prasarana di tol fungsional tersebut bisa berfungsi dengan baik saat arus mudik lebaran 2018.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News