Menhub Koordinasikan Penyusunan Roadmap Dwelling Time

Menhub Koordinasikan Penyusunan Roadmap Dwelling Time
Ilustrasi. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - JAKARTA - Menko Maritim Luhut Panjaitan memberi arahan agar upaya pengurangan dwelling time yang telah berhasil di Tanjung Priok, juga diterapkan di pelabuhan-pelabuhan lain, utamanya di Surabaya dan Medan.

"Bapak menko maritim telah memberikan kesempatan Kemenhub untuk mengkoordinasikan upaya percepatan pencapaian target-target pengurangan dwelling time," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menanggapi instruksi itu, Kemenhub kata Budi telah mengadakan rapat tingkat eselon I untuk meyusun roadmap pencapain target yang telah ditetapkan.

Dalam penyusunan roadmap, akan disinergikan hal-hal yang telah dikerjakan, baik oleh Kemenhub, Bea Cukai dan lembaga-lembaga lainnya.

"Serta menampung usul dan pandangan Kepolisian dan TNI guna mempercepat pengurangan dwelling time di pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia," tuturnya.

Luhut juga meminta agar para pejabat kementerian dan lembaga negara tegas dan lugas dalam menjalankan tugas-tugas memberikan pelayanan kepelabuhanan.
Selain itu, juga memerintahkan agar para wakil kementerian dan lembaga pemerintah yang bertugas di pelabuhan-pelabuhan diberikan kewenangan mengambil keputusan.

"Pemberian kewenangan bagi para wakil kementerian dan lembaga pemerintah di pelabuhan sangat penting untuk mengurangi dwelling time, khususnya pada tahap pre-customs clearance," tandas Budi.(chi/jpnn)


JAKARTA - Menko Maritim Luhut Panjaitan memberi arahan agar upaya pengurangan dwelling time yang telah berhasil di Tanjung Priok, juga diterapkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News