Menhub: Tanjung Priok Harus jadi Pelabuhan Percontohan

Menhub: Tanjung Priok Harus jadi Pelabuhan Percontohan
Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara yang menjadi salah satu gerbang ekspor dan impor. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan percontohan serta perubahan.

Tujuannya agar bisa meningkatkan daya saing nasional. Hal ini disampaikan Budi saat menghadiri acara Pelindo Port Run di Terminal Penumpang PT Pelabuhan Indonesia II.

"Ini bagian dari langkah transparansi kami yang ingin menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai contoh tempat perubahan. Kami ingin Tanjung Priok menjadi lebih mudah, murah, bersahabat sehingga bisa meningkatkan daya saing secara nasional," tutur Budi.

Lebih lanjut, Budi minta Pelindo II selaku operator untuk menciptakan cara baru agar kegiatan logistik menjadi lebih baik, lebih efisien, lebih murah dan lebih mudah.

"Saya minta Pelindo II untuk terus meningkatkan pelayanannya seperti Sabtu dan Minggu harus buka, sistem IT terintegrasi antara Kemenhub dan Pelindo, dwelling time maksimal tiga hari dan tidak boleh double handling," papar Budi.

Untuk itu, Budi menugaskan Otoritas Pelabuhan dan PT Pelindo II saling bekerja sama untuk membuat Pelabuhan Tanjung Priok menjadi lebih maju.

"Bersama ini saya menugaskan Otoritas Pelabuhan dan PT. Pelindo II untuk bisa bekerja sama menciptakan cara baru karena 50 persen pergerakan barang ada di sini (Pelabuhan Tanjung Priok)," jelas Budi.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya menugaskan Otoritas Pelabuhan dan PT Pelindo II saling bekerja sama untuk membuat Pelabuhan Tanjung Priok menjadi lebih maju.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News