Menhub Ungkap Desain Sistem Transportasi IKN: Aetropolis sampai Kapal Autonomus

Menhub Ungkap Desain Sistem Transportasi IKN: Aetropolis sampai Kapal Autonomus
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: ANTARA/Debby mano)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan rencana pengembangan sistem transportasi yang cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan sebagai bentuk dukungan terhadap rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, telah menyampaikan kebutuhan penambahan anggaran untuk persiapan dan pembangunan sektor transportasi IKN tahun 2022 kepada Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas.

“Total kebutuhan pendanaannya mencapai Rp 582,6 miliar untuk tahun 2022,” kata Budi Karya dalam keterangannya di Jakarta.

Budi Karya menuturkan, dengan terbatasnya ruang fiskal pendanaan oleh APBN, pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta/badan usaha dan masyarakat, untuk turut berperan membangun sektor transportasi IKN melalui skema Pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Menhub mengatakan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo bahwa tujuan utama pembangunan IKN adalah untuk membangun kota baru yang cerdas, kompetitif di tingkat global, sebagai transformasi menuju negara yang berbasis inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau.

“Untuk mendukung pembangunan di kawasan IKN, kami telah siapkan konsep Smart City, Smart Mobility,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, penyiapan transportasi sangat penting dalam mendukung kelancaran aksesibilitas dan mobilitas manusia maupun barang di IKN.

Adapun sistem transportasi yang akan dikembangkan di IKN yakni di transportasi udara, akan dilakukan pengembangan bandara mengusung konsep Aerotropolis yang cerdas, terintegrasi, dan memperhatikan etika lingkungan.

Menhub Budi Karya mengungkapkan bahwa IKN Nusantara bakal memiliki sistem transportasi cerdas, terintegrasi dan ramah lingkungan, bagaimana detailnya? Simak di sini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News