Menhut: Jangan Salahkan Rakyat

Menhut: Jangan Salahkan Rakyat
Menhut: Jangan Salahkan Rakyat
JAKARTA – Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mengatakan masyarakat tidak boleh dijadikan musuh dalam mengelola hutan. Sebaliknya, masyarakat harus diberikan harapan karena harapan itulah yang akan memotivasi untuk menjaga hutan.

"Rakyat jangan disalahkan terus tetapi diajak kerjasama supaya bisa bekerja dan punya semangat tinggi untuk menjaga hutan," kata Zulkifli pada acara penanaman pohon di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke-38, Rabu (23/12).

Zulkifli mencontohkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang rela meninggalkan keluarganya. Kata dia, meskipun disebut pendatang haram di Malaysia, tetapi karena di sana ada harapan untuk bisa hidup, masih saja rakyat Indonesia yang tetap berangkat. Karena itu menurut Zulkifli pihaknya telah memprogramkan yang berpihak kepada masyarakat dan memberikan harapan. Salah satunya adalah hutan kemasyarakatan dengan menggandeng investor.

"Saya katakan kalau ada yang menampung hasil kayu itu pasti masyarakat menanam seperti kayu sengon. Apalagi di Pulau Jawa, Sampoerna disetiap

provinsi ada penampungan kayunya. Jadi banyak yang mau membeli sekarang," katanya.(awa/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Lima Buku Dibredel Kejagung

JAKARTA – Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mengatakan masyarakat tidak boleh dijadikan musuh dalam mengelola hutan. Sebaliknya, masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News