Menilik Upaya Pasukan TNI Penanganan Kebakaran Lahan Gambut di Kalsel

Menilik Upaya Pasukan TNI Penanganan Kebakaran Lahan Gambut di Kalsel
Para anggota TNI Polri yang berupaya memadamkan hutan di Kalsel. FOTO: Radar Banjarmasin

jpnn.com - Pantang tugas ditolak, pantang tugas tak selesai. Begitulah perjuangan ribuan pasukan TNI dari Kodam VI Mulawarman dalam operasi pemadam kebakaran lahan di Kalimantan Selatan. Siang malam mereka berjibaku memadamkan api. Tentu saja perjuangan itu menuntut fisik yang kuat, hingga ide mengurai titik api yang terus mengancam.

 

APRIYANTO, Banjarmasin

--------------------------------------

DUA titik api di wilayah Kecamatan Landasan Ulin, Kabupaten Banjar Baru, Kalimantan Selatan, menjadi titik utama lebih dari sebulan yang lalu, sejak kawasan itu dilahap si jago merah. 

Satuan tugas sejak 1 September hingga 15 November mendatang dikomandani Danrem 101 Antasari, Kolonel Inf Muhammad Abduh Ras.

Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi kabut asap serta pemadaman api yang terjadi di tiga desa, yaitu Guntung Payung, Guntung Damar, dan Sambang Lihum. 

Lokasi yang menjadi fokus para prajurit TNI dari sejumlah kesatuan ini berada di posko Guntung Payung, di mana lokasinya hanya berjarak satu kilometer dari Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. 

Pantang tugas ditolak, pantang tugas tak selesai. Begitulah perjuangan ribuan pasukan TNI dari Kodam VI Mulawarman dalam operasi pemadam kebakaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News