Meningkatkan Kualitas Kesehatan & Pendidikan di Papua, ERHA Tempuh Cara Ini

Meningkatkan Kualitas Kesehatan & Pendidikan di Papua, ERHA Tempuh Cara Ini
Corporate Affairs Director Arya Noble Group (Induk Usaha ERHA Clinic Indonesia) Andreas Bayu Aji (kiri) bersama salah satu pasien katarak. Foto dokumentasi ERHA

jpnn.com, JAKARTA - Masalah kualitas kesehatan dan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) yang dialami Provinsi Papua menjadi tanggung jawab bersama untuk segera diselesaikan. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahkan mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang diwujudkan dalam berbagai program pembangunan dan bantuan sosial. 

Berdasarkan Instruksi Presiden ini, Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia (Setwapres) bersama dengan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) menginisiasi program kemanusiaan dengan temav“Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur”, yaitu sebuah program untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan di daerah Papua. 

Kegiatan yang didukung Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (DJP-RI), Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI), Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh (HBT), Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), SCTV & Indonesiar, Sido Muncul, Gramedia, dan ERHA Clinic Indonesia dimulai sejak 26 Januari 2023 sampai 2 Februari 2023 di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. 

Kegiatan Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur dimulai dari operasi katarak dengan target sebanyak 400 mata.

Dilanjutkan dengan pembagian obat cacing dan vitamin kepada lebih dari 5.000 anak-anak serta pembagian sembako dan selimut bagi masyarakat sekitar Kabupaten Puncak Jaya. 

Bagi Kabupaten Puncak Jaya, kegiatan yang dipusatkan di RSUD Mulia Puncak Jaya menjadi kegiatan operasi katarak gratis pertama yang menggunakan metode modern dengan alat dan teknologi terbaru, yakni fakoemulsifikasi.

Teknologi bisa meminimalosir luka yang dihasilkan, sehingga proses pemulihan pasien dapat lebih cepat.

Meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan di Papua, ERHA menggunakan cara ini 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News