Menjelang Debat Capres: Anies Punya Keunggulan, Pemerintah Vietnam pun Mengakui

Menjelang Debat Capres: Anies Punya Keunggulan, Pemerintah Vietnam pun Mengakui
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Debat terakhir para calon presiden akan digelar KPU di Jakarta pada Minggu (4/2) malam.

Salah satu tema debat ialah mengenai sumber daya manusia dan teknologi informasi.

Pengamat dan praktisi public relations Muhammad Sufyan menilai capres bernomor urut 1 Anies Baswedan memiliki competitive advantage atau keunggulan signifikan dibandingkan dua capres lainnya di bidang tersebut.

“Istilah manajemennya itu competitive advantage. Anies jelas lebih unggul di bidang sumber daya manusia dan teknologi informasi," ujar Sufyan.

"Sebelum punya posisi apa pun, Anies sudah menggagas dan menjalankan Indonesia Mengajar yang merupakan kepedulian terhadap kualitas pendidikan anak-anak Indonesia di pulau-pulau terpencil dan terluar di Indonesia,” imbuhnya.

Anies punya pengalaman delapan tahun memimpin perguruan tinggi, lalu sebagai menteri pendidikan, hal yang tidak dimiliki oleh kandidat lainnya.

“Saat Anies menjabat rektor, Anies menjadikan antikorupsi sebagai mata kuliah. Saat menjadi menteri pendidikan pun dia di hari pendidikan nasional mengirimkan surat kepada seluruh guru yang ada di tanah air," ujarnya.

"Surat ini menyentuh hati para guru yang berada di garda depan pendidikan, sesuatu yang tak terpikirkan dan mungkin dianggap sepele oleh para menteri pendidikan lain, tetapi dilakukan Anies,” imbuh Sufyan.

Di bidang teknologi informasi, Anies saat menjadi Gubernur DKI Jakarta mengembangkan aplikasi Jakarta Kini atau JAKI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News