Menkeu: Indonesia Negara Menarik

Menkeu: Indonesia Negara Menarik
Menkeu: Indonesia Negara Menarik
JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat menarik bagi penyelundupan. Buktinya, setiap tahun Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) berhasil melakukan penyitaan barang illegal yang masuk ke Indonesia. Barang-barang illegal tersebut bernilai ratusan miliar hingga triliunan Rupiah.  

"Laporan yang masuk, penindakan MMEA secara keseluruhan mampu menyelamatkan kerugian negara lebih dari Rp525 miliar dan cukai rokok palsu dengan nilai kerugian Rp500 miliar. Hari ini kembali MMEA dilakukan pemusnahan dengan nilai penyelamatan Rp30 miliar," kata Sri.

      

Selain itu, DJBC juga berhasil menggagalkan masuknya impor illegal narkotika seberat 12,8 Kg yang diseludupkan lewat kantor pos, menggagalkan penyeludupan marijuana lewat Bandara Halim Perdana Kesuma Jakarta dengan tersangka tiga orang dan membongkar pemalsuan dokumen sebanyak 11 kasus dengan taksiran penyelamatan kerugian negara sebesar Rp 1 miliar.

      

"Dari semua ini menunjukkan bahwa peran DJBC sangat penting. Terutama untuk menjaga agar sektor industri dalam negeri aman dari praktek persaingan tidak sehat. Meski disisi lain kita akui dari fakta ini, bahwa Indonesia ternyata masih menjadi daerah menarik masuknya barang illegal," katanya.

      

JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat menarik bagi penyelundupan. Buktinya, setiap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News