Menkeu Usulkan TDL Naik Lagi

Menkeu Usulkan TDL Naik Lagi
Menkeu Usulkan TDL Naik Lagi
JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan, meski banyak mendapat penolakan namun Kementrian Keuangan tetap akan mengajukan usulan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 10-15 persen pada tahun 2012. Alasannya, kenaikan TDL ini untuk mengimbangi bengkaknya subsidi lantaran pembatasan BBM tidak jadi diterapkan.

"Kalau tidak di 2012, maka anggaran yang harusnya bisa untuk pembangunan lainnya, habis hanya untuk subsidi saja. 2011 dan 2012 itu kisaran subsidi di atas Rp200 triliun. Itu angka yang besar sekali," kata Agus pada wartawan di Jakarta, Jumat (20/5).

Yang membuat Agus bertambah kecewa, ternyata masih banyak penyeludupan BBM bersubsidi ke luar negeri. Beberapa waktu lalu saja, Dirjen Bea dan Cukai Kemenkeu menahan 3 kapal yang menyeludupkan BBM bersubsidi ke luar negeri.

"Bayangkan, pemerintah memberi subsidi ternyata diselundupkan ke luar negeri karena negara-negara tetangga kita BBM subsidinya sudah mahal. Saya menyoroti dari segi keuangan tidak efektif bila subsidi tidak dibatasi," kata Agus.

JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan, meski banyak mendapat penolakan namun Kementrian Keuangan tetap akan mengajukan usulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News