Menko Airlangga: UMKM Jadi Penyangga Ekonomi di Kala Pandemi

Menko Airlangga: UMKM Jadi Penyangga Ekonomi di Kala Pandemi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto dok Kemenko

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbukti memiliki ketahanan yang tinggi dan menjadi sektor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, saat pandemi.

Oleh karena itu, UMKM memiliki peran penting dalam ekonomi nasional.

"Aktivitas bisnis UMKM menjadi salah satu penyangga dalam mitigasi lonjakan kasus varian delta, sehingga ekonomi dapat tumbuh sebesar 3,51 persen year on year (yoy)," ujar Airlangga dalam acara bedah Buku Pembiayaan UMKM yang digelar secara virtual, Rabu (24/11).

Dalam acara tersebut, Airlangga ingin Indonesia bisa mencontoh negara Jepang dan Korea Selatan, yang berhasil membantu memulihan perekonomian negaranya melalui UKM pascaPerang Dunia II.

Menurut Airlangga, keberhasilan tersebut dicapai melalui sinergi dukungan yang baik dari seluruh stakeholder, adanya ekosistem kelembagaan yang terintegrasi, dan kebijakan pemerintah yang mendukung peningkatan daya saing UMKM.

Sejauh ini pemerintah telah memberikan dukungan bagi UMKM dengan memberikan tambahan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 3 persen hingga akhir 2021.

Selain itu, berbagai persyaratan untuk debitur KUR di masa pandemi juga turut direlaksasi, agar mempermudah penyaluran kepada debitur yang terdampak pandemi.

Airlangga juga menjelaskan pemerintah juga memiliki Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dilaksanakan selama masa pandemi dan memberikan perhatian khusus kepada sektor UMKM.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbukti memiliki ketahanan yang tinggi dan menjadi sektor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, saat pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News