Menko Luhut Apresiasi Kolaborasi Swasta Atasi Kelangkaan Oksigen

Menko Luhut Apresiasi Kolaborasi Swasta Atasi Kelangkaan Oksigen
Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bantuan dan inisiatif pihak swasta kian dibutuhkan di tengah makin ganasnya penyebaran Covid-19.

Dia pun mengapresiasi kolaborasi GoTo, Kadin Indonesia, dan Samator Group dalam pemenuhan kebutuhan oksigen pada masa pandemi melalui 'Rumah Oksigen Gotong Royong'.

"Ini adalah salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta dalam membantu penanganan COVID-19 demi rakyat,” ucap Luhut dalam keterangan resminya, Senin (19/7).

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang.

“Krisis oksigen yang dialami Indonesia saat ini antara lain disebabkan oleh distribusi yang terkendala jarak dan waktu serta keterbatasan sarana dan prasarana. Rumah Oksigen Gotong Royong dicetuskan untuk meminimalisir hambatan tersebut," ujar EO GoTo Andre Soelistyo.

Sebagai proyek pertama, Rumah Oksigen Gotong Royong dibangun di Pulogadung, tepat di sebelah kawasan pabrik Samator Group, di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung oleh PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia mengatakan hal ini merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan Covid-19.

“Kami melihat hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini adalah kebutuhan oksigen bagi warga terpapar COVID-19," ucapnya.

Menko Luhut mengapresiasi kolaborasi GoTo, Kadin dan Samator mengatasi kelangkaan oksigen di tengah pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News