Menko Muhadjir Puji Keseriusan Wali Kota Gibran Menangani Kesmikinan

Menko Muhadjir Puji Keseriusan Wali Kota Gibran Menangani Kesmikinan
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di kawasan permukiman kumuh Semanggi Selatan, Kota Surakarta. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, SURAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meletakkan batu pertama pembangunan rumah layak huni di kawasan Semanggi Selatan, RW 1 Mojo, Kota Surakarta. 

Peletakan batu pertama itu dilakukan Menko Muhadjir bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir menyatakan penanganan kemiskinan ekstrem juga sangat tergantung pada inisiatif dan niat baik pemerintah kabupaten/kota. 

Menurutnya, kalau pemerintah daerah memiliki inisiatif dan kemauan politik yang baik untuk menangani masalah kemiskinan di wilayahnya, pemerintah pusat melalui Kemenko PMK akan memfasilitasi.

“Dengan program Pemkot Surakarta yang melibatkan semua stakeholder baik dari unsur pemerintah (APBN), BUMN maupun swasta akan kami jadikan model untuk penyelesaian kemiskinan ekstrem, permukiman-permukiman kumuh di Indonesia,” tuturnya saat kunjungan kerja ke Surakarta, Selasa (25/1).

Pembangunan rumah layak huni di permukiman kumuh Semanggi Selatan berjumlah 47 unit dan ditargetkan ditempati pada April mendatang. 

Selain itu dengan bantuan dari berbagai CSR, rencananya akan dibangun 136 unit rumah layak huni serupa di kawasan Semanggi Utara, Kota Surakarta.

“Kami harapkan tahun ini semuanya selesai. Jadi, lebih cepat dari target semula yang diperkirakan baru akan selesai di 2023, bahkan untuk di wilayah Semanggi Selatan harapannya April sudah bisa ditempati,” ucap Menko Muhadjir.

Menko PMK Muhadjir Effendy memuji keseriusan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menangani masalah kemiskinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News