Menko PMK Apresiasi Bantuan PP Muhammadiyah untuk Kenya

Menko PMK Apresiasi Bantuan PP Muhammadiyah untuk Kenya
Seremoni penyerahan beasiswa dan pembangunan dua sumur bagi rakyat Kenya, di Aula lantai 6 Masjid At-Tanwir Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Senin (14/8). Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi program beasiswa dan bantuan kemanusiaan berupa pembangunan dua sumur bagi rakyat Republik Kenya oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Muhadjir menyampaikan, program yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah merupakan inisiatif yang baik dari organisasi masyarakat untuk membantu negara yang membutuhkan bantuan.

Hal tersebut disampaikannya saat menyaksikan seremoni penyerahan beasiswa dan pembangunan dua sumur bagi rakyat Kenya, di Aula lantai 6 Masjid At-Tanwir Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Senin (14/8).

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari lembaga-lembaga swasta seperti Muhammadiyah untuk menyediakan beasiswa kepada negara-negara yang masih membutuhkan dan masih berkembang supaya mereka bisa belajar di sini," ujarnya.

Menurut Menko PMK, dalam melakukan kegiatan filantropi dan pemberian bantuan antar negara bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi juga perlu inisiatif oleh organisasi masyarakat swasta yang sudah memiliki pengalaman banyak seperti PP Muhammadiyah.

"Itu sangat bagus sehingga tidak semua diurus pemerintah pusat tapi oleh organisasi besar yang sudah memiliki kemampuan menyediakan beasiswa kepada mahasiswa asing sangat kita hargai dan sangat kita puji," imbuh Muhadjir.

Penyerahan beasiswa dan bantuan kemanusiaan dilakukan secara simbolik oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir kepada Duta Besar Kenya untuk Republik Indonesia Galma Mukhe Boru. Penyerahan disaksikan langsung Menko PMK, Muhadjir Effendy, Ketua PP Muhammadiyah, Syafiq A Mughni, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Muti, perwakilan Majelis/Lembaga beserta Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) yang ada di Jabodetabek.

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari silaturahim Duta Besar Kenya ke PP Muhammadiyah. Sebanyak 31 mahasiswa dari Kenya akan diberikan beasiswa dan disebar ke sejumlah PTMA untuk menempuh studi sesuai disiplin yang mereka pilih. Program beasiswa pendidikan penuh beserta pembangunan sumur yang dilakukan oleh Muhammadiyah rencananya juga akan diperluas bagi negara-negara di benua Afrika seperti Somalia.

Program beasiswa dan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Kenya merupakan perwujudan dari semboyan Muhammadiyah for All

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News