Pertemuan Tingkat Tinggi Hubungan Antarmasyarakat

Menko PMK Dampingi Pak JK Terima Kunjungan Wakil PM Tiongkok

Menko PMK Dampingi Pak JK Terima Kunjungan Wakil PM Tiongkok
Menko PMK Puan Maharani dan Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Liu Yandong. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Liu Yandong di Istana Wapres, Jakarta, Senin (27/11).

Kunjungan ini membahas sejumlah agenda pertemuan tingkat tinggi hubungan antarmasyarakat yang akan digelar di Surakarta, 28-29 November 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK yang juga didampingi oleh Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa pertemuan tingkat tinggi hubungan antarmasyarakat ke-3 ini akan fokus pada pendidikan tinggi dan teknologi.

Beberapa kegiatannya antara lain Study in China Educational Exhibition, Indonesia-China Forum on Science and Technology dan kerjasama Science and Techno Park (STP).

“Akan dikembangkan kerja sama pengembangaan situs kembar antara situs manusia purba Sangiran dan situs manusia purba Shoukodian. Delegasi akan berkunjung ke Museum Sangiran di Surakarta pada 29 November 2017,” kata Menko Puan.

Dia menerangkan, sejak pertemuan tingkat tinggi hubungan antarmasyarakat ke-1 tahun 2015, terdapat banyak kerja sama yang dilakukan antarkedua negara. Implementasi dari kerja sama selama dua tahun ini terus menunjukkan kemajuan.

Pada pertemuan tingkat tinggi hubungan antarmasyarakat ke-1 tercapai delapan kesepakatan dan pada PEM ke-2, juga delapan kesepakatan. Adapun pertemuan tingkat tinggi hubungan antarmasyarakat ke-3 ini akan ditandatangani enam kesepakatan.

Salah satu dokumen yang akan ditandatangani dan di-launching adalah Three Year Action Plan on Science, Technology and Inovation Cooperation (2018-2020).

Pertemuan tingkat tinggi hubungan antarmasyarakat ke-3 ini akan fokus pada pendidikan tinggi dan teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News