Menko PMK Gusar Angka Stunting Masih 24,4 Persen

Menko PMK Gusar Angka Stunting Masih 24,4 Persen
Menko PMK Muhadjir Effendy gusar karena angka stunting masih tinggi. Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Penyiapan sumber daya manusia (SDM) unggul masih menghadapi tantangan stunting.

Berdasarkan data Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) pada 2021, prevalensi stunting saat ini masih berada pada angka 24,4 persen atau 5,33 juta balita. Prevalensi stunting ini telah mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya. 

Akan tetapi, Presiden RI Joko Widodo menargetkan angka stunting turun menjadi 14 persen di tahun 2024.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan untuk mencapai target 14 persen, setiap tahunnya perlu terjadi penurunan sekitar 3 persen.

"Perlu upaya inovasi agar terjadi penurunan sekitar 3 sampai 3.5 persen per tahun. Sehingga tercapai target 14 persen tahun 2024 sesuai target Presiden berdasarkan RPJMN bisa tercapai," ujarnya di Jakarta,  Kamis (20/1).

Lebih lanjut, Muhadjir menyampaikan pemerintah akan memperkuat percepatan penurunan stunting melalui langkah-langkah intervensi. Di antaranya, intervensi melalui Puskesmas dan Posyandu.

Dia menyampaikan, pemerintah akan memastikan intervensi pencegahan stunting pada perempuan sejak sebelum kelahiran dan sesudah kelahiran.

Untuk sebelum kelahiran akan dilakukan program pendistribusian tablet tambah darah (TTD) untuk remaja putri, program tambahan asupan gizi untuk bu hamil kurang gizi kronik, melengkapi puskesmas dengan USG untuk mempertajam identifikasi ibu hamil.

Menko PMK Muhadjir Effendy gusar karena angka stunting masih 24,4 Persen, sedangkan Presiden inginkan hanya 14 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News