Menko PMK Ingin Harteknas jadi Momentum Lahirnya Inovasi Iptek

Menko PMK Ingin Harteknas jadi Momentum Lahirnya Inovasi Iptek
Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menko PMK Puan Maharani, disaksikan Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan Menristekdikti M Nasir mencoba salah satu produk di peringatan Hakteknas, Makassar. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mendorong Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang diperingati setiap tahun, menjadi momentum inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Puan ingin Harteknas memberi semangat inovasi iptek yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Hakteknas yang diperingati setiap tahun merupakan momentum untuk terus memotivasi dan mendapatkan inspirasi baru dalam mempercepat pemanfaatan teknologi nasional untuk pembangunan dan kegiatan perekonomian," katanya dalam sambutan pada peringatan Hakteknas ke-22 di Center Poin of Indonesia, Makassar, Kamis (10/8).

Pemerintah, imbuh Puan, terus memberikan apresiasi atas keberhasilan pengembangan serta pemanfaatan teknologi yang telah dicapai oleh komunitas iptek Indonesia selama ini. "Pembangunan nasional yang efektif membutuhkan kapasitas penguasaan teknologi yang baik, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan daya saing," ujarnya.

Menko PMK menambahkan, dalam era persaingan global saat ini, penguasaan dan inovasi teknologi sangat menentukan derajat perekonomian suatu negara. Jepang, Korea Selatan, dan RRT menjadi contoh keberhasilan dalam meningkatkan kapasitas penguasan dan inovasi teknologinya, sehingga mereka menguasai persaingan komoditi dunia terutama produk elektroniknya.

Begitu pula dengan beberapa negara yang berhasil di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan seperti Amerika Serikat (dengan produk gandum, kentang), Australia (sapi), Norwegia (perikanan), dan lain sebagainya.

"Di Indonesia sendiri, peluang dan potensi pemanfaatan teknologi dalam bidang perikanan masih sangat besar. Untuk itu, penguasaan dan pengembangan teknologi bisa dimulai dari inovasi teknologi tepat guna berbasiskan masyarakat desa," tutur Puan.

Saat ini, pembangunan desa sangat membutuhkan teknologi pengolahan yang langsung bisa digunakan oleh masyarakat desa. "Teknologi itu misalnya teknologi pembuatan garam, teknologi pengolahan ikan, teknologi pembibitan ikan, teknologi pengawetan ikan dan lain sebagainya," ucap Bu Menko.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mendorong Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News