Menko Puan Langsung Pantau Pembangunan Rumah Antigempa

Menko Puan Langsung Pantau Pembangunan Rumah Antigempa
Menko PMK Puan Maharani meninjau pabrik pembuatan panel Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha). Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, LOMBOK - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan maharani meninjau pabrik pembuatan panel Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) terbesar di Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

 

Dalam kunjungannya, Menteri Puan menjelaskan bahwa masyarakat terdampak gempa NTB sudah memilih model untuk membangun rumahnya.

Saat ini sedang dilakukan evaluasi penyediaan panel jika masyarakat memilih untuk membangun model Risha. Kapasitas pembuatan panel faktanya belum sesuai target.

Untuk mensiasatinya, saat ini sudah ada delapan BUMN karya yang membangun panel rumah tersebut.

"Sekarang ada 8 BUMN Karya yang sedang menjadi panel, kemudian kami sedang mendorong UMKM atau masyakat di NTB ini menjadi aplikator atau menyiapkan panel untuk Risha. Sementara itu untuk Ridho bahan materian secara umum di NTB ini tersedia. Kalau misalnya masyarakat di NTB ini memilih untuk membangun Ridho saya rasa tidak masalah," ujar Menteri Puan yang berdiskusi langsung dengan pejabat terkait untuk pembangunan Risha tersebut.

Di lokasi pembangunan, Menko Puan juga berdialog dengan Kepala BNPB, Sekda Provinsi, dan Manajer Plan Waskita Beton mengenai strategi untuk meningkatkan kapasitas produksi panel Risha.

Terkait ini Menko PMK juga mengingatkan tentang pentingnya akuntabilitas dan mengimbau agar masyarakat menggunakan dana bantuan dari pemerintah dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan rumah.

Masyarakat terdampak gempa Lombok NTB sudah memilih model untuk membangun rumahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News