Menkokesra Ingatkan Seluruh Pemda Waspadai Virus Mers

Menkokesra Ingatkan Seluruh Pemda Waspadai Virus Mers
Menkokesra Ingatkan Seluruh Pemda Waspadai Virus Mers

jpnn.com - JAKARTA - Menkokesra Agung Laksono mengingatkan pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk mewaspadai menyebarnya virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang berasal dari Arab Saudi. Pencegahan virus ini, kata dia, dilakukan terutama dengan mewaspadai warga yang baru saja melakukan perjalanan dari Timur Tengah.

"Meningkatkan kewaspadaan lintas sektor, memperkuat kapasitas nasional, termasuk pemda. Pada pintu-pintu masuk kunjungan wisatawan dan kembalinya jamaah kita dari Timur Tengah khususnya di Saudi," ujar Agung dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin, (5/5).

Agung hari ini telah mengumpulkan jajarannya dalam rakor tingkat menteri untuk mencegah penularan virus Mers.

Menurutnya, virus ini sudah memakan banyak korban dan menyebar bukan hanya di Arab Saudi. Oleh karena itu, jamaah asal Indonesia yang menuju Arab diharapkan dapat menjaga kesehatannya masing-masing selama perjalanan.

Agung menyatakan berdasarkan laporan WHO,  wabah ini belum termasuk dalam tahap darurat. Meski begitu, di Saudi Arabia sudah 396 orang tertular, 100 orang meninggal dunia.

"Negara kita behubungan dengan middle east, khususnya Saudi Arabia. 1,2 juta warga kita hidup di sana merantau. Setiap tahun, bulan, kita mengirim ratusan ribu jamaah umroh dan haji. Oleh karena itu kami berkepentingan melindungi warga," tegas Agus.

Agung mengimbau agar WNI yang melakukan kegiatan di Arab Saudi dapat menjaga kondisi ketahanan tubuh. Penularan virus Mers harus diwaspadai karena hingga saat ini belum ditemukan vaksin ataupun obat penyembuhan terhadap virus tersebut.

"Wabah Mers apabila tidak diwaspadai bersama bisa saja melalui pintu-pintu masuk negara, bandara udara, pelabuhan laut, yang terkena suhu tubuhnya tinggi," tandas Agung. (flo/jpnn)

JAKARTA - Menkokesra Agung Laksono mengingatkan pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk mewaspadai menyebarnya virus Middle East Respiratory


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News