Menkominfo Bahas Hal ini dengan Dubes Prancis, Semoga Lancar

Menkominfo Bahas Hal ini dengan Dubes Prancis, Semoga Lancar
Menkominfo Johnny G. Plate bertemu Duta Besar Prancis Olivier Chambard di Widya Chandra Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021). Foto: Humas Kemenkominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Menkominfo Johnny G. Plate melakukan pertemuan dengan Duta Besar Prancis Olivier Chambard di Widya Chandra Jakarta Selatan, Selasa (26/10) kemarin.

Pertemuan membahas kerja sama Indonesia dengan Prancis di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

"Ini adalah penerjemahan langsung dari instruksi Bapak Presiden terkait Roadmap Digital Indonesia. Arahan strategis presiden khususnya dalam pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia,” ujar Johnny dalam keterangannya dipublikasikan Rabu (27/10).

Dalam kesempatan tersebut Johnny juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Prancis yang menunjukkan komitmen kuat untuk bekerja sama.

"Kami menyambut baik kerja sama Indonesia dan Prancis, karena ini akan memberikan dukungan infrastruktur TIK di Indonesia yang lebih baik di masa-masa yang akan datang, secara khusus pemanfaatan satelit telekomunikasi," ucapnya.

Menurut Johnny, pemerintah telah membangun komponen backbone dengan penggelaran fiber optic untuk pemerataan infrastruktur telekomunikasi.

Di saat bersamaan, juga membangun Base Transceiver Station (BTS) di seluruh kawasan 3T, sementara operator telekomunikasi seluler membangun di kawasan komersial yang saat ini belum tersedia layanan 4G.

“Selain itu, juga dibangun middle mile, baik microwave link maupun satelit. Nah, satelit ini adalah bagian middle mile. Diharapkan Satelit SATRIA -I akan diluncurkan ke orbit di pertengahan 2023 dan commercial operation-nya bisa dilakukan di kuartal keempat 2023," ucapnya.

Menkominfo Johnny G. Plate membahas hal ini dengan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, semoga lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News