Menkominfo Optimistis Insentif Usaha PEN Berdampak Positif bagi Dunia Usaha

Menkominfo Optimistis Insentif Usaha PEN Berdampak Positif bagi Dunia Usaha
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Foto: Dokumentasi Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan realisasi insentif usaha Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang mencapai 96 persen menunjukkan pemerintah mampu mengelola anggaran secara efektif dan berdampak positif bagi dunia usaha.

Kebijakan keuangan negara dirancang fleksibel dan responsif dengan tetap memperhatikan sisi akuntabilitas.

Program PEN mencatatkan capaian positif dalam realisasi insentif usaha, yakni mencapai Rp 60,31 triliun per 15 Oktober 2021, atau setara 96 persen dari pagu sebesari Rp 62,83 triliun.

“Insentif usaha ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan membantu masyarakat khususnya di dunia usaha,” kata Menkominfo Johnny G Plate melalui keterangan tertulisnya yang diterima JPNN.com, Minggu (24/10).

Johnny mengatakan insentif ini disalurkan pemerintah untuk membantu para pelaku usaha melonggarkan likuiditas usahanya di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, hal ini diharapkan mampu memberikan ruang bagi dunia usaha agar pulih lebih cepat.

Pemerintah juga memberikan relaksasi dari sisi perpajakan untuk memberikan ruang bagi perusahaan menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-19.

Insentif yang diberikan pemerintah, seperti pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP) yang telah dimanfaatkan 81.890 pemberi kerja

Realisasi insentif usaha PEN mencapai 96 persen diharapkan berdampak positif bagi dunia usaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News