Menkominfo Sampaikan Kabar Baik soal Tes Pramusim MotoGP Indonesia

Menkominfo Sampaikan Kabar Baik soal Tes Pramusim MotoGP Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Indonesia sukses menggelar Tes Pramusim MotoGP 2022. Foto: tangakapan layar Twitter @motogp

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Indonesia sukses menggelar Tes Pramusim MotoGP 2022.

Menurutnya, kesuksesan event olahraga internasional itu juga didukung penyediaan layanan internet yang memadai.

Menkominfo menyebut telah menyediakan akses internet melalui tiga lapisan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta penggunaan spektrum frekuensi radio untuk radio trunking digital dan handy talky.

Pertama jaringan tulang punggung (backbone) Sirkuit Mandalika telah terhubung dengan jaringan fiber optic (FO) berkapasitas total 560 Gbps melalui empat koridor.

"Adapun satu koridor sebagai jalur utama dan di-backup tiga koridor lain sebagai jalur alternatif,” jelas Johnny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (15/2).

Johnny membeberkan alur utama yang digunakan merupakan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jember-Denpasar Cable System (JDCS) dan Sistem Komunikasi Serat Optik (SKSO) Mataram – Rungkut dengan kapasitas 200 Gbps.

Kemudian, alternatif SKKL Mataram – Kupang Cable System (MKCS) ditambah SKKL Makassar - Kendari - Maumere (MARIMAR) dengan kapasitas 30 Gbps, SKKL ditambah SKSO Mataram-Bima dengan kapasitas 130 Gbps, dan SKKL Bali – Lombok (BALOM) ditambah JDCS Mataram – Mandalika – Bali dengan kapasitas 200 Gbps.

Johnny menyatakan untuk lapisan infrastruktur TIK di MotoGP Indonesia yang kedua didukung jaringan middle mile atau backhaul.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Indonesia sukses menggelar Tes Pramusim MotoGP 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News