Menkumham Minta Kementan Bantu Lapas

Menkumham Minta Kementan Bantu Lapas
Menkumham Minta Kementan Bantu Lapas
CILACAP - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) H Patrialis Akbar mengajak Kementerian Pertanian dan lembaga lainnya untuk ikut memberikan kontribusi dalam memberdayakan warga binaan yang saat ini masih berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Patrialis mencontohkan di Lapas Nusa Kambangan yang lahannya sangat luas tapi tidak produktif sementara penghuninya yang sebagian besar warga binaan sangat mungkin dipekerjakan.

Proses persiapan para warga binaan ini sebelum dikembalikan ke masyarakat, kata Patrialis, tidak akan pernah optimal kalau hanya dilakukan oleh satu kementerian saja mengingat sangat kompleksitasnya problem dan kebutuhan di Lapas. Untuk itu Kementerian Hukum dan Ham secara bertahap akan memperbanyak kerjasama dengan berbagai pihak sebagai salah satu upaya meningkatkan aspek pembinaan.

"Kerjasama Kementerian Hukum dan Ham dengan Kementerian Kesehatan serta Kementerian Pendidikan Nasional merupakan langkah strategis dalam mewujudkan tanggung jawab negara terhadap warga negaranya sendiri yang tengah menghadapi masalah hukum," tegas kata Patrialis Akbar, di Lapas Terbuka, Nusa Kambangan, Cilacap, Rabu (7/4).

Dengan kerjasama tersebut, saat ini hampir di seluruh Lapas yang warga binaannya ternyata miskin dan masih dalam usia wajib belajar dengan sendiri negara wajib memberikan jaminan kesehatan dan hak-hak pendidikannya selama berada dalam tahanan, imbuh politikus Partai PAN itu.

CILACAP - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) H Patrialis Akbar mengajak Kementerian Pertanian dan lembaga lainnya untuk ikut memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News