Menlu Retno Dorong ASEAN-Rusia Memperkuat Kerja Sama Penanganan Covid 19

Menlu Retno Dorong ASEAN-Rusia Memperkuat Kerja Sama Penanganan Covid 19
Menlu Retno Marsudi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memimpin Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Rusia secara virtual bersama Menlu Rusia Sergey Lavrov, Selasa (6/7).

Pertemuan itu membahas kerja sama kemitraan strategis ASEAN dan Rusia yang tahun ini memasuki tahun ke-25.

Pada kesempatan itu, Menlu Retno mendorong penguatan kerja sama untuk penanganan pandemi Covid 19 dan pemulihan ekonomi.

"Kemunculan berbagai varian baru dan kesenjangan vaksinasi global merupakan pengingat bahwa ASEAN dan Rusia harus bekerja sama dengan lebih baik dalam menghadapi pandemi," kata Retno, Selasa (6/7).

Isu utama yang disampaikan Retno ialah mendukung pemenuhan kebutuhan vaksin melalui doses-sharing dengan memprioritaskan negara ASEAN sebagai penerima vaksin Rusia.

Dia juga meminta ASEAN dan Rusia untuk mendukung Covax Facility, negosiasi Trips Waiver, serta kesetaraan vaksin.

“ASEAN-Rusia juga memiliki tanggung jawab untuk memperkuat WHO dan tatanan kesehatan global untuk mengantisipasi munculnya pandemi di masa mendatang,” ujar Retno.

Menurut Retno, prinsip-prinsip visi Rusia mengenai arsitektur kawasan dan ASEAN Outlook in The Indo Pacific (AOIP) yang semakin relevan dengan pandemi Covid 19.

Menlu Retno Marsudi memimpin Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Rusia secara virtual bersama Menlu Rusia Sergey Lavrov.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News