Menlu Retno Keluarkan Seruan untuk Australia dan Timor Leste

Menlu Retno Keluarkan Seruan untuk Australia dan Timor Leste
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Ilustrasi Foto: Handout Kemlu RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengajak pemerintah Australia dan Timor Leste untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) di wilayah Indonesia timur.

Ajakan itu disampaikan Menlu RI saat melakukan pertemuan trilateral dengan Menlu Australia Marise Payne dan Menlu Timor Leste Adaljiza AXR Magno pada Selasa (15/12) dan membahas sejumlah isu terkait kerja sama ketiga negara.

Dalam keterangan yang diberikan Retno pada taklimat pers dari Jakarta, Rabu (16/12), dia menjelaskan bahwa terdapat beberapa poin yang disampaikan Indonesia dalam pertemuan ketiga menlu perempuan tersebut, salah satunya yakni ajakan penguatan kerja sama ekonomi, terutama dalam pengembangan di wilayah Indonesia timur.

“Saya mengajak Menlu Australia dan Timor Leste untuk berpartisipasi dalam pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Indonesia Timur, termasuk Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Sorong di Papua Barat, Palu di Sulawesi Tengah, dan Morotai di Maluku Utara,” kata Menlu Retno.

Selain kerja sama tersebut, Retno juga mendorong penguatan kemitraan ekonomi di wilayah perbatasan, di mana menurut dia, isu konektivitas masih menjadi salah satu tantangan yang dihadapi ketiga negara.

“Oleh karena itu, saya mendorong peningkatan konektivitas antara Kupang, Darwin (Australia), dan Dili (Timor Leste), melalui pembukaan jalur penerbangan (antara) Kupang (dan) Darwin, dan pembukaan jalur darat Kupang-Dili,” ujar Menlu.

Kerja sama bidang kemaritiman juga menjadi salah satu isu yang dibahas, di mana Indonesia menekankan kembali pentingnya menjunjung tinggi hukum internasional, termasuk Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982 dan memperkuat kerja sama Indo-Pasifik melalui program-program konkret di bidang infrastruktur dan konektivitas dengan menggunakan basis Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

Menurut Menlu RI, kemitraan tersebut dapat berkontribusi positif untuk keamanan, perdamaian, serta stabilitas di kawasan

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengajak pemerintah Australia dan Timor Leste untuk memperkuat kerja sama ekonomi

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News