Menlu Retno Marsudi Lobi India agar Melonggarkan Izin Ekspor Obat Terapeutik

Menlu Retno Marsudi Lobi India agar Melonggarkan Izin Ekspor Obat Terapeutik
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melobi Pemerintah India agar melonggarkan izin ekspor obat-obatan terapeutik ke Indonesia.

Hal itu dilakukan mengingat lonjakan kasus Covid-19 di tanah air beberapa waktu belakangan ini.

Retno menyampaikan permintaan tersebut kepada Menlu India Subrahmanyam Jaishankar di sela-sela pertemuan Menlu G20 di Italia, Senin (28/6).

“Dengan Menlu India, saya menyampaikan harapan agar izin ekspor beberapa obat-obatan terapeutik dari India ke Indonesia, yang saat ini diperlukan Indonesia, agar dapat diberi kelonggaran,” kata Menlu Retno melalui keterangan tertulisnya, Selasa (29/6).

Saat ini, karena memburuknya situasi kasus Covid-19 di India, negara itu memberlakukan pembatasan sementara ekspor vaksin dan obat-obatan ke luar negeri.

Pada saat yang sama, Indonesia membutuhkan obat-obatan tersebut untuk menangani lonjakan kasus Covid-19 di dalam negeri, yang mencapai rekor 21 ribu kasus baru dalam sehari.

Menurut Retno, permintaan Indonesia tersebut dipertimbangkan secara positif oleh India.

"Indonesia telah menyampaikan perincian obat-obatan yang diperlukan saat ini," kata mantan duta besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda itu.

Menlu Retno Marsudi mengatakan India mempertimbangkan positif permintaan Indonesia agar negara itu melonggarkan izin ekspor obat terapeutik yang dibutuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News