MenPAN-RB Beberkan Manfaat Penerapan E-Budgeting

MenPAN-RB Beberkan Manfaat Penerapan E-Budgeting
Asman Abnur (menunjuk). Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com - SURABAYA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan implementasi program percepatan reformasi birokrasi.

MenPAN-RB Asman Abnur meminta pemda se-Jatim terus meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahannya melalui penerapan sistem e-budgeting untuk memastikan penggunaan anggaran berbasis pada kinerja.

"Saya mengapresiasi daerah yang telah menerapkan e-budgeting. Namun e-budgeting harus didasarkan pada kinerja yang akan diwujudkan (outcome). Saya harap itu bisa dikembangkan," ujar Asman di Surabaya, Selasa (2/8).

Menurutnya, dengan menerapkan e-budgeting, maka efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran bisa ditingkatkan. Hal ini dikarenakan dalam implementasinya, program atau kegiatan 'siluman' bisa dicegah melalui transparansi sistem penganggaran.

Selain itu, Asman juga berharap e-budgeting bisa mempermudah dalam pelaksanaan tugas aparatur sipil negara (ASN) dan meningkatkan transparansi. "Sehingga ASN tidak disibukkan dengan pekerjaan dokumentatif, namun fokus pada pelaksanaan tugas pokok, yaitu pelayanan kepada masyarakat," katanya. (esy/jpnn)


SURABAYA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News