MenPAN-RB dan Mendagri Genjot Penerapan E-gov Pemda Tahun Ini

MenPAN-RB dan Mendagri Genjot Penerapan E-gov Pemda Tahun Ini
Asman Abnur. Foto: Kemenpan

jpnn.com, JAKARTA - Belanja internet untuk proyek-proyek besar seperti e-KTP serta Palapa Ring semakin membengkak.

Hal ini sangat memengaruhi posisi APBN, sehiggga pemerintah berupaya menekan pengeluaran dengan mempercepat pemberlakuan e-gov pemda.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengatakan, bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah disepakati untuk mempercepat pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bagi pemerintah daerah.

"Kami menargetkan tahun ini SPBE bisa diwujudkan, sehingga bisa menekan inefisiensi yang sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir," kata Menteri Asman di Jakarta, Selasa (13/6).

Inefisiensi itu terutama disebabkan belum terintegrasinya e-government, lantaran masing-masing kementerian/lembaga dan pemerintah daerah membangun aplikasi sendiri-sendiri.

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, total belanja aplikasi infrastruktur TIK dari tahun 2014 – 2017 ini sudah mencapai Rp 16,76 triliun. Dari belanja sebesar itu, sekitar 65 persen di antaranya sama, yang memungkinkan dilakukan secara nasional.

“Kalau ini bisa kita lakukan, akan terjadi efisiensi sekitar 50 persen,” ujarnya.

Menteri Tjahjo menambahkan, untuk mensinkronkan beberapa program yang dianggap perlu untuk dilakukan percepatan. Ada beberapa materi yang dibahas dalam rakor tersebut.

Belanja internet untuk proyek-proyek besar seperti e-KTP serta Palapa Ring semakin membengkak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News