MenPAN-RB Pastikan Seleksi CPNS dan PPPK 2021 Bebas Joki

Sabtu, 24 April 2021 – 22:21 WIB
MenPAN-RB Pastikan Seleksi CPNS dan PPPK 2021 Bebas Joki - JPNN.com
Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menerima naskah soal seleksi CASN 2021.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menegaskan naskah soal tersebut nantinya akan digunakan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan Seleksi kompetensi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah formasi tahun anggaran 2021.

Dia memastikan naskah soal tersebut aman dan tidak akan bocor.

"Naskahnya itu dalam bentuk dokumen digital terenkripsi. Bahkan tim penyusun soal pun tidak mengetahui kode enkripsinya," kata Menteri Tjahjo, Sabtu (24/4).

Dia menyebutkan naskah soal seleksi CASN dalam proses pemasukan (input) ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi nantinya.

Mantan Mendagri tersebut menambahkan Panselnas menerapkan prinsip kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data-datanya.

Dia berharap seleksi CASN 2021 terus menjunjung tinggi transparansi, objektivitas, dan akuntabilitas dalam setiap tahapannya. Juga berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.

Menteri Tjahjo lega atas perubahan prosedur CAT BKN tahun ini, yang salah satunya hadirnya kelengkapan kamera di komputer.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...