Menpar Arief Yahya: Go Digital Be The Best!

Menpar Arief Yahya: Go Digital Be The Best!
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bakal membawa gerbong kementerian yang dipimpinnya melompat jauh menuju target menjaring 20 juta wisatawan di 2019. Jurusnya adalah Go Digital.

Jurus itu akan dibahas ratusan stakeholder pariwisata nasional pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ke-3 Pariwisata 2016 di Ecovention, Ecopark Ancol, Jakarta, 15-16 September 2016. Temanya adalah Go Digital Be The Best yang akan diangkat menjadi harapan baru bagi Wonderful Indonesia untuk naik panggung sebagai the best digital marketing in the world.

Dan yang utama, Wonderful Indonesia harus tumbuh dan menyalip dua rival utamanya, Malaysia Truly Asia dan Amazing Thailand. Tapi, apakah mungkin mewujudkannya?

Soal ini, Menpar Arief Yahya mengaku yakin dengan jurusnya soal Go Digital. Bersalip-salipan dalam teknologi aplikasi, saling kejar kecepatan komunikasi data hingga kompetisi menyediakan content terbaik, sudah sering dilakoni Arief Yahya saat bertahun-tahun menakhodai PT Telkom, BUMN yang bergerak di sektor telekomunikasi.

Optimism pun terbangun. Arief mengaku semakin percaya diri bahwa semakin digital semakin personal. Semakin digital semakin global. Semakin digital semakin professional. “Akan saya buktikan penggunaan digital itu akan membuat pariwisata Indonesia melompat lebih tinggi,” ungkapnya.

Sebagai orang yang berlatar belakang teknologi digital, Arief meyakini hanya dengan cara digital maka pariwisata Indonesia bisa melompat melewati rival-rivalnya. Karenanya di forum rakornas itu, Go Digital akan diperkuat lagi.

Arief pun sudah punya tiga skenario untuk memenangi customers di sektor pariwisata. Yakni Yakni retaining your customers, acquiring your customers dan winning the future customers. Retaining your customers berarti  menyangkut moment of truth tentang bagaimana memberi kesan pertama pada wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Indonesia.

Hal itu terkait dengan pelayanan imigrasi. Wajah Indonesia ditentukan oleh bagaimana wajah para petugas imigrasi dalam melayani turis sebagai customers atau pelanggan yang akan menambah pundi-pundi devisa dan diterima di dalam negeri.

JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bakal membawa gerbong kementerian yang dipimpinnya melompat jauh menuju target menjaring 20 juta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News