Menpora Amali Mendorong Mahasiswa Jadi Pencipta Lapangan Kerja

Menpora Amali Mendorong Mahasiswa Jadi Pencipta Lapangan Kerja
Menpora Zainudin Amali secara resmi membuka kuliah kewirausahaan dan pengembangan pemuda secara virtual, Kamis (7/7) pagi. Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali secara resmi membuka kuliah kewirausahaan dan pengembangan pemuda yang diselenggarakan Kemenpora bekerja sama dengan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957 secara virtual, Kamis (7/7) pagi.

Kegiatan yang digelar secara hybrid mengangkat tema “Membentuk Generasi Pengusaha di Perguruan Tinggi Melalui Ekosistem Kewirausahaan”.

Dalam sambutannya, Menpora Amali mendorong para mahasiswa di perguruan tinggi menjadi wirausahawan sehingga setelah lulus dapat menciptakan lapangan kerja. Bukan malah sibuk mencari lapangan pekerjaan.

“Pemerintah tentu berharap lulusan perguruan tinggi tidak menjadi job seeker atau pencari pekerjaan kesana kemari. Tetapi dia menjadi job creator, penyedia lapangan pekerjaan,” kata Menpora Amali.

Menurut Menpora Amali, pihaknya di Kemenpora sejak tahun 2020 memiliki lima program prioritas, salah satunya yakni ‘Pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan’.

Melalui program ini, setiap tahunnya Kemenpora bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia menggelar kegiatan kuliah kewirausahaan. Untuk tahun ini, Kemenpora bekerjasama dengan 35 perguruan tinggi sesuai dengan kemampuan sumber daya di instansi.

“IBI Kosgoro 1957 menjadi salah satu dari pilihan Kemenpora masuk di dalam 35 perguruan tinggi yang ada,” ujarnya.

Menpora Amali menjelaskan, kegiatan ini dilakukan karena lapangan pekerjaan setiap tahun makin sempit, tidak sebanding dengan banyaknya lulusan perguruan tinggi. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, lulusan dalam negeri maupun luar negeri ditambah lagi dengan lulusan Sekolah Menengah Atas dan SMK .

Menpora Zainudin Amali secara resmi membuka kuliah kewirausahaan dan pengembangan pemuda yang diselenggarakan Kemenpora dan IBI Kosgoro 1957, Kamis pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News