Menpora Amali Minta Stakeholder Olahraga Bersinergi untuk Sukseskan DBON

Menpora Amali Minta Stakeholder Olahraga Bersinergi untuk Sukseskan DBON
Menpora Amali saat sosialisasi DBON di Jatim. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali optimistis Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bakal maksimal apabila didukung oleh sinergi stakeholder olahraga di Indonesia.

Menteri asal Partai Golkar itu menegaskan jika tahapan DBON dijalankan maka target lima besar Olimpiade pada 2044 mendatang bisa diwujudkan.

"Saya optimistis jika DBON ini dilakukan secara sinergi oleh seluruh stakeholder olahraga, baik di pusat dan daerah, target Indonesia masuk lima besar di Olimpiade dan Paralimpiade 2044 akan terwujud," kata Amali di situs Kemenpora, Jumat (19/11).

Dalam paparannya di hadapan ratusan peserta, Menpora Amali menyebut DBON memiliki tiga tujuan utama. Yakni meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, kemudian meningkatkan kapasitas, kesinergisan dan produktivitas olahraga prestasi serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

"Tiga tujuan ini harus berjalan sinergi dengan melibatkan pemerintah pusat dan daerah. Mustahil bisa meningkatkan prestasi olahraga tanpa meningkatkan kebugaran masyarakat. Dan yang lebih penting DBON ini juga memiliki tujuan memajukan perekonomian nasional yang berbasis olahraga," terang Amali.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir dan menyaksikan langsung sosialisasi ini mengapresiasi langkah Menpora yang mendatangi daerah-daerah untuk menjabarkan apa itu DBON.

"Jatim sangat mendukung apa yang dilakukan Menpora untuk memajukan olaharaga di Indonesia. Kami juga senang karena DBON sanagt luar biasa mendukung pembinaan olahraga di Indonesia," ucap orang nomor satu di Jawa Timur tersebut.

Kemenpora sendiri berusaha memaksimalkan pemahaman dan pelaksanaan DBON dengan menggelar sosialisasi di beberapa provinsi di Indonesia. Tujuannya, peta jalan olahraga Indonesia yang sudah disahkan dalam Perpres 86/2021 tersebut bisa dieksekusi dengan maksimal oleh daerah-daerah. (dkk/jpnn)

Menpora Amali menyebut kunci maksimalnya penerapan DBON bergantung sinergi stakeholder olahraga


Redaktur : Friederich
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News